Jumat, 02 Agustus 2013

Toliet Training

Dapat kabar dari rumah kalo si kembar udah mulai jarang ngompol bahkan boleh dikatakan nggak pernah lagi. Untuk si Kembar ini memang agak terlambat untuk toilet trainingnya. Dilatih memakai pampers sejak bayi memang membuat anak jadi merasakan nyaman-nyaman saja ketika pipis di celana, baik dengan ataupun tanpa pampers. Rasa jijik ataupun risih ketika pipis ataupun BAB menjadi hilang sebab sudah terbiasa memakai pampers semenjak bayi. Dulu kakak-kakaknya mulai umur 8 bulan sudah mulai dilatih Tolitet Training atau basa Jawanya ditatur, umur setahun biasanya udah gak pernah ngompol lagi. Kalo siang udah mulai ngomong mau pipis atau langsung ngacir meski nggak selalu ke kamar mandi., yang penting di luar rumah aja. 



Kuncinya sebenarnya telaten dan tentu saja jangan males meski dimalam hari sekalipun. Dulu kakak-kakak si Kembar ini setiap malem selalu di latih pipis di kamar mandi. Jadi saat tidurnya mulai nggak nyenyak, udah mulai merengek biasanya ini kode untuk orang tua kalo si anak sebenarnya pengin pipis. Biasanya langsung tak tawarin "pipis dulu yaa.." gak usah nunggu jawaban iya, langsung aja angkat bawa ke kamar mandi. Awal-awal memang nangis, tapi tetep aja angkat bawa ke kamar mandi meski pipisnya sambil nangis. Nanti setelah biasa, ditawarin pipis biasanya nganggu aja, udah gak pake nangis. Dan setahun udah lepas sama sekali dengan pampers, akan ngamuk kalo dipaksa make. Jadi susah juga malah kalo pas bepergian jauh, kalo mau pipis bingung nunggu kendaraanya berhenti dulu.



Untuk kasus si kembar ini sebab sayah nggak di rumah dan ibunya terlalu repot ngurus anak dua jadi solusi mudahnya tetep pake pampers. Jadi toilet trainingnya nunggu gak repot-repot banget, setelah bisa jalan baru mulai toilet training. Memang sih sejak mulai belajar bicara kalo mau pipis ato BAB udah ngasih kode lewat omongan meski belum bisa membedakan mana pipis mana BAB, tetep aja ngomongnya "e'e". Dan ngomong e'e-nya pun sesudah ngompol dulu di celana. Melatih kembar ternyata ada enaknya juga, jadi setelah salah satunya bisa pipis nggak di celana yang satunya pun ikut-ikutan, meniru saja. Cukup melatih yang satu, yang satunya lagi pasti ngikutin. Sebab dari bayi mereke cenderung kompakan, sakit satu sakit semua, pipis satu pipis semua, e'e satu e'e semua, pokoknya kompaklah.

Oh ya satu lagi, ternyata untuk menandai anak mau pipis atau enggak itu lebih mudah menandai anak laki-laki, kalo bijinya mengkeret sudah dipastikan itu lagi kebelet. Dan itu tidak ditemukan pada anak perempuan.


22 komentar:

  1. saya boleh cerita nggak, soal story pipis di celana Kang Pacul semasa sekolah? nanti tektanyain dulu sama Bu guru BK.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mah pipis yang lain....yang diajarain lik zach waktu itu..yakan..yakan..?

      Hapus
    2. situ ketularan kang rawins manggil saya "lik". biar dikira muda ya? padahal teman-teman di sini udah tau semua kalo kita bertiga berusia 38 tahun.
      rasainnn!

      Hapus
    3. Yaah...tua kok ngajak2. Situ harusnya bersukur dituain.

      Sukooooor......sukoooooor

      Hapus
    4. 38..?
      berarti pengalaman pipisnya banyakan aku dong..?

      Hapus
    5. Iya wis ping pindo....semmm

      Hapus
    6. minimal bisa ngerti dua macam siksaan yang berbeda...

      Hapus
  2. Hahaha, itu mau dilombakan pipisnya?

    BalasHapus
  3. Lha, dadi jane nganggo diapers ~udu kur pampers thok lah~ kuwe kurang apik ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apik koh bund....ora gawe repot wong tua.

      Hapus
  4. tawarin koh pipis..?
    bungkus pa..?

    BalasHapus
  5. eeehh...lha kok penandaannya sama dengan saya, pokoke dititeni kalau sudah mengecil dan mungkret...ya ajak ke kamar mandi...xixixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha itu memang penanda yang paling valid

      Hapus
  6. *catet

    toilet traininge khansa engko bae lah nek wis teyeng mlaku

    dadi kuncine aja males ya biyunge

    BalasHapus
    Balasan
    1. dudu males i'....tapi kudu telaten

      Hapus

Silahkeun urun komentar

Bebas aja.....asalken satu, jangan pipis di sini.