Minggu, 21 Juli 2013

Tidur

Rasa-rasanya bulan puasa ini perlu beli kalkulator, sebab sayah lihat di semua tausyiah bulan ramadhan diisi dengan hitungan pahala lengkap dengan perkaliannya. Semua menjadi rajin beribadah di bulan ramadhan ini sebab pahala yang berkali-kali lipat, Pesta Ibadah menurut Kyai di kampung sayah. Nggak ada yang salah memang dengan mengharap pahala, cuma kok terkesan kontradiktif dengan yang namanya keikhlasan. Berbuatlah atau beribadahlah,  soal balasan biar itu menjadi urusan Allah, toh Allah sudah menetapkannya. Berbuat dengan keikhlasan tentu akan menggugah kesadaran untuk melakukanya (lagi) tanpa mengharap imbalan. Dan lagi kita bukan anak kecil lagi yang untuk mandi saja demi kebersihan diri harus dijanjikan sebuah permen misalnya.

Ibadah, atau 'abdihi atau hamba/menghamba, pelayan, kita adalah pelayan. Dalam melayani tentu saja ada perbuatan di situ. Dan tentu saja pelayan yang baik tidak melayani dengan tidur.....





52 komentar:

  1. 11 12 ama postingan raw nih.. :)

    Kapan balik kang..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaan yang trakdungjleb itu mah...

      Hapus
    2. pertanyaan bagus yang dijawab dengan nilai dikurangi seratus untuk Regu A.

      Hapus
    3. hmmm...runnerup cerdas cermat yang masih penasaran

      Hapus
    4. Nilai berapa pun teteub wae ra iso mulih yo kang..? Hahaha

      Hapus
    5. trek dung trek dung lalala...

      Hapus
    6. dari tadi ketipung terus, nggak ada gitarnya apa ya...

      Hapus
  2. Aku wingi pas tarawih arep nglebokna uang ning kotak amal sempat nggremeng, "Waduh, iki ora bisa susuk, ya?" Hahahahaha. -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. sodaqoh 1000 nanti akan diganti satujuta.....katanya

      lho kok dunia lagi yang dicari

      Hapus
    2. Eh tapi bener lho, asal kita nggak mengharap dan nggak minta ganti, gantinya datang dengan sendirinya. Saya sering ngalami soalnya. :-)

      Hapus
  3. fotone gagah-gagah ya..
    beda karo Rika

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda siki....pas nom2ane ya pada

      Hapus
    2. Bedalah.. bapaknya makan krupuk, anaknya susu...heheheh

      Hapus
    3. nyusu juga kadang-kadang

      Hapus
    4. ora tauuu
      haha..
      ora mudiik
      ngileeer

      Hapus
  4. kapan puasa nang jogja maning...?

    BalasHapus
  5. Putrane Lik Pacul ganteng-ganteng ya...nggak nyangka..eh *sawat panci...

    BalasHapus
    Balasan
    1. temboke full color, full krayon...sekeren rumah saya...

      Hapus
    2. Biarin lah lagi masanya nulis ditembok kali

      Hapus
    3. daripada bapaknya yang ganteng-ganteng..?

      Hapus
  6. Enggak bisa nimbrung candaan nya, gak ngerti bahasa jawa soal nya :(

    bagaimana pun itu caranya, kadang memang ada pelayan yang tidak mengerti bagaimana sebaiknya seorang pelayan, ada pula pelayan yang tidak sadar kalau dia seorang pelayan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak maria asalnya darimana emang..? :)

      Hapus
    2. M'ba Ay ko' ngga pernah nanyain sayah sih?

      Hapus
  7. Selamat menjalankan ibadah shaum ramadhan, semoga amal ibadah kita diterima Allah swt..

    Aamiin..

    BalasHapus
  8. pas dgn postingan sy pak.., klo mampir bawa kalkultor.., *smile

    mgkn ketemu jg dgn yg ini

    Apakah Ikhlas Berarti Tidak Boleh Mengharap Pahala Dan Surga
    (http://rohis-facebook.blogspot.com/2011/07/apakah-ikhlas-berarti-tidak-boleh.html)

    smg bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikhlas ya kosong...suwung...ngeplong....ahad

      Hapus
  9. berarti tidurnya orang dibulan puasa bukan ibadah dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sama istri ibadah dong..

      Hapus
    2. Horeeee, berarti tidur sama istri ..... nya orang juga ibadah to?

      Hapus
    3. ya istri orang lah
      masa onyet..?

      Hapus
  10. memang di bulan puasa kita lebih bersemangat untuk ibadah, tapi godaan untuk tidur di siang hari tetap saja susah dihindari

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp tidur, tapi kalo niatnya ibadah...hadeeh

      Hapus
  11. melayani menjelang tidur, malah lebih bagus

    BalasHapus

Silahkeun urun komentar

Bebas aja.....asalken satu, jangan pipis di sini.