Jumat, 21 Juni 2013

Bau Naga

Taken from world food

Dulu waktu di Solo di  sekitar tempat sayah tinggal ada tradisi ngumpul dengan suguhan "wedang geni" sebutan lain untuk miras. Dan bau naga adalah efek depan dari bau mulut. Salah satunya dari majelis per-mabok-an ini adalah menyambut kelahiran bayi, begadang hanya untuk menunggui lampu yang dikurungi itu dan tentu saja dengan mendem ciu sak njengkinge. Salah satu acara penyambutan yang aneh.

Di Korea sinih meski minuman beralkohol di jual bebas, hanya aturan umur saja yang membatasi pembelian. Dan umur yang diperkenankan adalah 18 tahun ke atas,  -dan sayah jelas terkena imbas dari aturan ini ...faak- kurang dari itu nggak mungkin dilayani. Hebatnya meski bebas gituh tapi tidak pernah terlihat di ada  nongkrong  pating ndlosor sebab mabok. Padahal harganya termasuk murah, sama dengan  harga sepernaikan bus kota  saja sudah dapat satu botol cukup untuk membuat efek bau naga. 
Nggak heran kalo ada acara makan-makan di warung baik cowok maupun cewek, nggak nenek-nenek ataupun kakek-kakek minumanya tetep Soju, arak khas Korea. Bahkan yang sering terlihat di majelis permabokan adalah yang tuwir-tuwir. Benar-benar pas dengan falsafah Orang tua sebagai tuntunan, pulang dengan dituntun maksudnyah...


31 komentar:

  1. Aku rep masok arak tape, ah. Jal luih enak ndi tinimbang arak Korea.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndik kene okeh....makoli jenenge

      Hapus
  2. Balasan
    1. Sering banget ay........




      Mabok kahanan....!

      Hapus
    2. Kalau mabok kepayang sama mabok duit beda juga kali

      Hapus
    3. beda tipis pak asep...pusingnya sama

      Hapus
  3. Ekekeke .....ntar mas pacul klw pulang ke indo perlu di tuntun ndak?
    Pak Zach siap menuntun anda...ekekekek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pak dhe zach sih kelasnya udah beda Ndah.....udah level tontonan

      Hapus
    2. nonton rika lagi mendem?
      emoooh. liwaaat

      Hapus
  4. Buntute kuwe lho, "pulang dengan dituntut" ko maraih biyunge ngguyu dewek :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Genah iya koh bund.....wong tua nang kene nggo tuntunan

      Hapus
  5. waduh hebat yah, mabok aja ada manjemen-nya ya mas hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meski mabok mereka gak reseh ...itu hebatnya

      Hapus
    2. iya, tau mau mabuk, mereka nggak mau ngendarai mobil juga kan?

      Hapus
    3. tilangnya gedhe soalnya kalo ketahuan

      Hapus
  6. Neng korea ono cubung ora nda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk.....biasa mendem cubung mesti kie....
      Horaaa nda..

      Hapus
    2. cubung tinggal petik, nggak usah bayar ya...

      Hapus
    3. bayare nek mertamba ndik rumah sakit..

      Hapus
  7. mabuk saknjengkinge apa bedane karo mabuk sakkayange Lik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bagi kang pacul, sama-sama mlukek Mbak..

      Hapus
  8. makesude postingan kiye apa jal?

    BalasHapus
  9. ya ngisuk nek bali medang medang maning karo suwar...

    BalasHapus
  10. kalau murah dan sik asik....coba tolong kasih tau syaratnya pindah jadi orang koreah kang....bosen saya jadi orang Endhonesahgelo teh yeuh

    BalasHapus

Silahkeun urun komentar

Bebas aja.....asalken satu, jangan pipis di sini.