Senin, 13 Mei 2013

Label Halal


Hidup di negara yang sebagian besar penduduknya memilih untuk tidak beragama, salah satu kesulitanya adalah mencari makanan yang berlabel halal. Banyak dari kawan-kawan yang sangat berhati-hati soal makanan halal ini lebih memilih masak sendiiri daripada makan di pabrik. Atau ada juga yang tetep makan di pabrik tapi tidak mau makan daging-dagingan kecuali ikan, alasanya karena nggak tau cara menyembelihnya.
Kalo sayah asal hewan darat disembelih dan darahnya di buang cukup memenuhi syarat untuk dimakan dalam posisi terpaksa. Di Indonesia saja dulu pernah beberapa rumah jagalnya kena komplain negara Ostrali sebab menyembelihnya dengan cara yang sadis meski sudah menyebut nama Allah tapi lupa mengaplikasikan makna pengasih dan penyayangnya ya sama saja.

Baiklah, meski muslim di sini hanya minoritas sekali tapi KMF (Korea Muslim Federation) mengeluarkan sertifikasi Halal untuk beberapa produk Mi Instan atau Ramyun (라면) meski sebernernya ditujukan untuk produk eksport tapi setidaknya di masih bisa di temukan di Asia Mart. Satu kemajuan yang positif di negara yang namanya agama tidak laku ini.
Satu lagi mungkin yang layak di tunggu untuk sertifikasi halal ini adalah bisa diterapkan pada kasus rok mini......ish!!. Baiklah abaikan itu.


47 komentar:

  1. Nek rok mini sama MUI ngga si halalkan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh..... eh.... tapi nek Rukmini, Rukiyah, Rukmiyati kayaknya sih kan ya halal?! Hiya po ra?

      Hapus
    2. haram emang bagi pemakainya tapi halal bagi pemirsanya hihihihi

      Hapus
  2. Alhamdulillah ya ada yang mengupayakan makanan halal di Korea. :-)

    BalasHapus
  3. Bisa2 cuma makan mie terus ya kalo yg berlabel halal cuma itu...
    Amannya memang ikan sih...
    Ada pepes ikan mas ga..? Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling makan daun sukun Mbak, di Korea kan pohon sukun, kluwih, nangka, rambutan....bla.bla
      (ben pengin)

      Hapus
    2. disonoh kepala ikannya di ketok palu sebelum digorang

      Hapus
    3. apakah yang dimaksud dengan "gorang"

      Hapus
    4. ya pasrah aja deh... yang penting bawa makanan dr Indo wkwkwkw

      Hapus
  4. yang pasti kalo beli mie di luar, rasanya aneh2. kaya ada minyak apanya gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. minyak jelantah kan yang akang maksudkan?

      Hapus
    2. kulit berminyak maksudnya

      Hapus
    3. pertaminyak ndean maksudnya

      Hapus
  5. saya pilih jengkol dan pete setiap hari deh...supaya bau pesing kamar mandinya

    BalasHapus
  6. nek ga tahu halal apa gak kan gak dosa. dadi nek maem merem terus ae, oom. *terus sendoke mlebu irung*

    BalasHapus
  7. Baru tau klw nama korea mie istan adalah Ramyun. Mending masak sendiri ajah mas....sreg

    BalasHapus
  8. emang siki rika wis duwe agama..?
    ya manteplah kalo begitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pengin punya agama, beli di mana ya oom?

      Hapus
    2. kayaknya di Desa Cilembu banyak agama tuh.. ambil satu yang terbaik disana kang hehehe

      Hapus
    3. Tuhan aja gak tau agamanya apa kang..

      Hapus
  9. ning kene regane larang tapi anehe ning jawa karo palembang regane selisih 50%
    larang ning jawa, mbiyen seneng bagnet sak iki kok bosen soale bumbune mung pedes ae jew

    salam ketemu maneh mas Pacul eh mas Emil xixixi
    mbiyen kenalane ning MP rembulanku alias ulil lala
    sak iki hijrah ning wp hehehehe

    BalasHapus
  10. Mi yang di atas kan banyak di sini... Udah ada label halal dari koreanya ya? Tapi perasaan blum ada label halal di MUI deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya?...di Indonesia ya? Kapan2 ke Indonesia lah.

      Hapus
  11. waaahhh... kalo rok mini dikasih label halal ma mui... sayang banget ngga ada rok yang bisa digunting sepaha... adanya cuma jins....wkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. jyah....beneran gak punya rok frist?

      Hapus
  12. kasih duit 50jta ke MUI , ntar jga d kasih cap logo halal nyaa :D

    BalasHapus
  13. nah, di negara yang kagak kenal agama, rok mini dilarang ye.. kalo di sini mah semisal rok mini dilarang, errr gak tau deh apa komentar orang2 hehehe..

    kalo di negara2 eropa, makanan berlabel halal ini katanya malah lagi tren yak mas pacul *bekal baca berita doang, belom pernah ke sana :p

    respect untuk KMF yg keluarkan sertifikasi halal d^.^b

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak dini ...
      eh eropah itu sebelah mana ya?

      Hapus
  14. ĂĎª ♧☀ toko makanan Indonesia Kang? Atau yang punya orang muslim, mngkin ÿ̲̣̣̣̥
    ​A̶̲̥̅̊
    п̥̥̲̣̥
    Ǧ̩̥
    dijual juga makanan mie berlabelkan halal. Kalau ramyon, asli korea meskipungak terkandung daging babi, minyak dan bahan lainya mgkin dari babi ya Kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tokonya kebanyakan malah orang china

      Hapus
  15. Wah repot juga ya mas hidup di negeri yang minoritas muslim, harus hati2 dan pilih-pilih makanan

    BalasHapus

Silahkeun urun komentar

Bebas aja.....asalken satu, jangan pipis di sini.