Rabu, 17 April 2013

Kimchi (김치)

Ada dua jenis makanan yang tidak sayah sukai yaitu makanan yang dingin dan kedua makanan yang rasanya asam/kecut. Dan sialnya, dua-duanya ada pada  yang namanya Kimchi. Makanan pokok orang Korea di samping nasi tentunya. Apapun menu makannya, pasti Kimchi ada sebagai pengiringnya. Entah mengapa orang Korea begitu menyukai makanan ini. Padahal bahan utama makanan ini cuma Sawi putih. Cuma memang bumbu-bumbu untuk membuatnya yang sak hohah membuat makanan ini begitu enak wal nikmat, dan sayah suka versi Kimchi yang masih baru sehingga belum ada rasa asam yang mendominasi.

Katanya Kimchi ini terdiri dari seratusan lebih jenisnya (emang gue pikirin) dan selain sawi putih ada lobak sebagai bahan utamanya. Sedangkan bumbunya terdiri dari sawi putih (배추, baechu) dan lobak (무,mu) dicampur bawang putih (마늘, maneul), cabai merah (빨간고추, palgangochu) biasanya sudah berbentuk bubuk, daun bawang (파, pa), cumi-cumi (오징어 ojingeo), tiram (굴, gul) atau makanan laut lain seperti udang , jahe (생강, saenggang), garam (소금, sogeum), dan gula (설탕, seoltang). Oh ya, cabai merah ini baru ditambahkan pada Kimchi sekitar abad ke 16 sebab pedagang cabe yang asli Portugis baru mampir Korea sekitar abad itu.
Sawi utuh yang telah di campur bumbu itu kemudian di simpan di balik timbunan salju selama musim dingin, kalo sekarang sih udah ada kulkas khusus kimchi di Korea. Dan semakin lama di simpan konon semakin kecut enak itu kimchi. Dan konon hasil fermentasi yang disebabkan adanya bakteri lackto bacillus ini lah yang menghasilkan asam laktat yang kandunganya lebih baik dari yogurt. Ternyata sawi busuk menyehatkan juga yah?

Manakah yang namanya Kimchi?

Awalnya dulu cikal bakal kimchi hanya sawi putih yang dikasih garam kemudian disimpan di gentong-gentong tanah liat yang di tanam di tanah selama musim dingin. Negara dengan empat musim memang keras bung! kalo tidak bisa menyimpan makanan untuk musim dingin ya habis lah. Panen hanya satu kali setahun dan itu harus cukup untuk dimakan selama satu tahun. Dulu waktu sayah baru datang ke Korea tahun 2010, di sambut dengan  beberapa kali topan badai di awal musim gugur. Dan itu ternyata saat itu  panen sawi gagal total, sehingga hampir-hampir mengganggu stabilitas nasional. Sampai di sidangkan secara khusus di DPR-nya Korea untuk membahas kelangkaan sawi. 
Pelajaran moralnya adalah sabotase sawi secara besar-besaran untuk melumpuhkan Korea, tanpa sawi mungkin K-Pop takan mendunia.

26 komentar:

  1. meskipun korea mempunyai 4 musin, trus aku bilang WOW gitu?

    minta kimchi nya donk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah Moso ora enak mas? klw lihat verita di atas rasanya enak, apalagi resepnya buanyak

      Hapus
  2. Beratti menghancurkan korea cukup dg hancurkan ladang sawi :D
    Serang hankook... Xixixi

    BalasHapus
  3. Beratti menghancurkan korea cukup dg hancurkan ladang sawi :D
    Serang hankook... Xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha kok hankooknya je mas yang diserang...temen saya kerja di sana je...mesakake no.

      Hapus
  4. Wah perboden buat aku yg punya maag akut..
    Semacam asinan ya ini..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda ay..ini mah bumbunya lengkap lengkip

      Hapus
  5. minta dong kimchi nya buat makan :D

    BalasHapus
  6. kalo liat penampakannya aku sepertinya ga doyan, enak ditumis sawinya :)
    brokoli yg sebelah kanan mauuu.....

    BalasHapus
  7. aku pernah nggawe kimchi gagal

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu berarti keberhasilan yang tertunda I'...halah

      Hapus
  8. klw dibandingkan sama garang asem enak ndi mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. garang asem tiada duanya.
      mas pacul nggak jelas nih bikin postingan yang nggak pas sama lidah iwak asinnya.

      Hapus
  9. ngandel.
    (kenapa saya sebel banget sama komen saya ini ya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendek tapi dalem artine...wkwkwkkw

      Hapus
  10. kunjungan pertana nih.. gan.. mohon kerja samanya hehehe :)
    follow sukses polback yo... :)

    makanan yang asin kayaknya yang paling gak enak...

    BalasHapus
  11. nah nah nah nah....ini dia yang saya tunggu2 Lek...kimchi. sayang saya telat mbacanya, kemarin pulang kampung nggak semangat mbuka2 blog lha wong jaringannya ruwet dan lemot. haduh....kayake eksotis gitu ni kimchi....

    makasih kimchinya Lek....

    BalasHapus

Silahkeun urun komentar

Bebas aja.....asalken satu, jangan pipis di sini.