Sabtu, 13 April 2013

Oksusu (옥수수)


Jagung ini terbeli saat berkunjung ke Seoul Grand Park kemaren. Suhu yang masih dingin di bulan April sebab angin kencang nan dingin dari utara saya pikir sempurna bila dipadu sambil makan jagung rebus sambil melihat lalu lalang orang. Dalam bahasa Korea jagung di Sebut dengan Oksusu (옥수수), hati-hati dengan penulisan dan pengucapan yang terpisah sebab bisa menjadi multitafsir bagi jama'ah blogger yang budiman.

Kalo melihat penampilan fisik sepertinya sama dengan jagung kebanyakan di Endonesyah sanah. Bedanya mungkin hanya soal rasa, kalo alam bahasa Jawa disebut "buket" kalo dalam bahasa English Ngapak "buket mbleketaket", satu kata yang sayah belum tahu padanannya dalam bahasa Indonesia. Yang jelas rasanya seperti ketan, jadi makan satu saja sudah membikin tenang demo anarkis cacing di perut yang sempat mau bakar ban segala katanya sebab sedari pagi sayah belum sempat sarapan.

Total kerusakan (dompet) untuk menebus satu biji jagung di sini cukup murah hanya 2.000 won saja atau sekitar 17ribu Ripis, heh? Kok jadi mahal yah? 
Satu lagi jangan lupa tidak seperti  semangka, ternyata jagung yang dijual dimanapun tidak ada versi yang non biji.

36 komentar:

  1. jadi kangen makan jagung nih:D

    BalasHapus
  2. Whoalah........ ket-ket-nak yah? Buket-buket, tapi uenak hehehe.......

    BalasHapus
  3. Dadi maraih kepengin ngincipi jagung rasa buket lho. Nek muntul buket sih wis tau lah, ya enak pancene.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Munthule kene juga enak bund...mirip cilembu

      Hapus
    2. bunda Julie minta dikirimi Lik Pacul aja...jagung orginal Koreyah

      eh iya, salam kenal bund...

      Hapus
    3. Hahahaha......... ora lah, ora bakal diparingi, soale ongkose larang, tekan Endonesiyah diduaih pisan maring tikuse pos :-(

      Salam kenal kembali nak Nisa. Namanya cantik, orangnya pasti lebih cantik dari namanya ya?

      Hapus
  4. kalau dilihat gambarnya, jagung yg sudah tergigit kira2 lebarnya 9-12 cm. sudah terbukti jika.....
    mahaalllll ..........17 ribu. edyaann

    BalasHapus
  5. Nang Korea kok larang-larang yo mas? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yok..mulakno eman2 ngenteke duit nangkene

      Hapus
    2. Nak Sungging isih nang Taiwan ya? Larang-larang opo gak nok kono?

      Hapus
  6. 17 ribu hehe...., di endonesyah bisa dapet 5 tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli di petani dapat sekarung ituh

      Hapus
  7. 17 ewu Lik, wis entuk 2 kilo nang kene...

    "buket"? kok nggak ngerti ya saya, "bubur ketan"?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan nak Nisa, buket itu agak sedikit jemek-jemek kenyal gitu lho. :-)

      Sesuatu yang nggak ada padanannya di dalam bahasa lain deh kayaknya.

      Hapus
    2. Bahasa jawa memang kaya kosa kata ya bund...

      Hapus
    3. Iya betul. Terutama bahasa Jawa dialek Banyumasan.

      Hapus
    4. oooh gitu ya bund...pantes saya nggak pernah dengar.

      sama seperti kata "kunduran" yang sampe sekarang saya belum nemu padanannya.
      pernah ada cerita lucu ketika saya ngelarang anak saya main di dekat mobil yang lagi mau balik arah,
      "awas le, minggir manti kunduran"
      tetangga saya (di Riau) pada nanya,
      "apa tu kunduran?"
      ?????? bingung njelaskannya...

      Hapus
  8. kan penak nandur dewek di korea mas. klw besar tinggal panen

    BalasHapus
  9. weh ane lupa ya kang :D kapan terakhir makan jagung :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo musim dingin di sini sering beli..

      Hapus
  10. Waa, jagunge krowak dicakot codot. Ngono kok yo mbok tumbas to, Om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iyo yo...kok lagi ngerti aku...

      -thuthukdesi-

      Hapus
  11. jadi klik ke dagang ubi di korea kayanya bakal laris manis ya kang?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. klik dah, eksekusi Kang. kita dukung dehh

      Hapus
  12. buka lapak jagung rebung nang koreahhhh ae :)

    BalasHapus
  13. 17rebu buat atu jagung?!?! ckckck.. hehehe.. maklum lah :(
    mohon di cari tuu kang padanan dalam bahasa indonesianya istilah susah di atas :p

    BalasHapus
  14. kalau jagung non biji yang dimakan apanya ya, pelepahnya mungkin ya, cukup dibuat mringis2 sendiri setelah baca artikel sobat susuok eh salah oksusu memang mantap, hehhehhe

    BalasHapus
  15. mampir lagi kesinih mo kasih pelukan mesra

    BalasHapus
  16. Jagung...jagung... mau yang bakar atau yang godok... 1 cukup Rp. 5000,-...siapa mau beli nih hehehehe

    BalasHapus

Silahkeun urun komentar

Bebas aja.....asalken satu, jangan pipis di sini.