Minggu, 10 Maret 2013

Ultah Kawan

Kawan sepabrik sayah yang termasuk pegawai asing ada 8 orang dari tiga negara. Empat orang Kamboja, satu orang dari timor leste dan tiga orang Thailand. Dari delapan orang itu yang paling junior Choo Chai, orang Thailang yang baru 3 bulan kemaren datang. Anak ini memang dari pertama datang sudah akrab dengan sayah atau tepatnya kami, dua orang Endonesyah. Mungkin sebabnya sayah seorang yang baik hati dan tidak sombong dari pertama datang kami berdualah yang ngopeni anak ini. (sayah kok belum menemukan bahasa indonesyah yang pas dengan kata ngopeni, mengurus atau mengasuh? kesannya untuk anak kecil). Dua orang kawan senior Thailand yang lain kalo akhir pekan pilih pergi sendiri-sendiri, jadi yah  kami lah yang ngurusi keperluanya untuk beli ini-itu dan itu-ini sebab dia belum lancar bahasa Korea. Untungnya anak ini sangat lancar berbahasa Inggris tapi dengan aksen Thailand tentunya, sehingga memudahkan komunikasi dengan sayah yang cuma modal pas-pasan bahasa Inggrisnya -pas dia nanya, pas  tau artinya, ngga lebih.


Nah, critanya malem minggu kemaren dia ulang tahun yang intinya ngajak makan di luar. Tapi ajakan dia sayah tolak dengan usulan BBQ di asrama saja supaya lebih ngirit. Maka jadilah malem itu pesta BBQ bertiga saja, dia dan kami berdua. Dengan menu daging bebek yang sudah dibumbu pedas 1 kg, cumi besar 3 ekor -hampir 1 kg, jamur, bawang putih dan lalapan. Sambelnya cukup bikin sambel kecap saja yang praktis. Ah...wareg tenan.



Di tengah-tengah menikmati makanan sayah pun mengucapkan, "Happy to me birthday to you"
"what??" dia protes.
Iyah, kalo di Indonesyah yang menikmati itu orang lain bukan yang ulang tahun, kamu akan di lempari telor dan ditaburi tepung, belum lagi disiram air seember dan yang terakhir kamu akan mengganti total kerusakan di meja makan. Dan satulagi yang aneh di Indonesyah jika kamu masih kecil maka kamu akan di do'akan "cepat besar yaaa.."  maksudnya apa coba? cepet besar apanya?.

by the way, wish all the best for you bro!


33 komentar:

  1. wah..aku ga suka daging bebek, kalo cumi okelah..
    met ultah buat temennya kang.. :)

    BalasHapus
  2. bawange dimaem utuh ngunu kui? marai ra isa dicucup drakula no ngko.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayyah..ndisek tak jajake ra gelem...

      Hapus
    2. Wkwkwk. Wingi kan masih dalam program diit. Berati ngesuk ning bali ngenDonesia aku ngerapel ya, Om. jatahku dobel.

      Hapus
    3. saiki juga isih diit to?...diitung-itung rugi gak mangan wkwkwkw

      Hapus
  3. nah tuh...harus masuk dari draf blog rupanya kalau mau maen kesini.
    selamat, selamut, selamit, selamot, selimit untuk yang ulang tahun, moga dapet jodoh orang Endonesia

    BalasHapus
  4. Teyeng Rika masak? melu pramuka kiye genah gemiyen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ish....wong anu gari ditumpangna tok koh..terus diplok

      Hapus
    2. oalahh, kaya kuwe sih enyong juara

      Hapus
    3. Lah rika masak banyu baen sering geseng

      Hapus
    4. Beginilah nasib jadi kaum minoritas, gak di blog-nya Mas Raw, gak disini, bayak roming euy.

      Hapus
    5. apapun itu tetep bersukur kang....

      sukooooor...sukooooor.....wkwkwkwk

      Hapus
  5. Mas nyah kerja di Korea tho? whee maap baru maen kesini hihi.

    Hepi besdey aja deh buat yang merayakan, kapan atuh berkunjung ke Endonesa? hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi..hi..kebetulan iyah. kapan maen ke koreah? sihih..

      Hapus
  6. wah..mantap tuh makanannya,..
    met ultah buat temennya kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo disini daging sama sayuran mahalan sayuran kang....jadi makan daging ya dah biasa banget

      Hapus
  7. Happy to me wareg mangan gratisan hahaha..
    Waktu aku ke Ansan dia belom ada yahhhh mas?
    Mbok yo dikenalin gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum....kalo udah tak bawa waktu itu..

      Hapus

Silahkeun urun komentar

Bebas aja.....asalken satu, jangan pipis di sini.