Rabu, 27 Maret 2013

Nge-game

Paling betah kalo udah di depan komputer apalagi kalo udah nge-game, bisa lupa waktu pokoknya tapi tetep nggak bisa lupa makan. Sejak kenal ding dong dulu di akhir tahun 80-an sampai muncul yang namanya komputer meski masih under-DOS tetep yang dicari game-nya. Masih inget dulu di pertengahan tahun 93 di salah satu kost di belakang IKIP Karangmalang (sekarang UNY), ada salah satu penghuni kost yang udah punya komputer meski Under-DOS tapi termasuk barang mewah yang langka waktu itu. Dari pagi sampe malem kamarnya selalu penuh orang hanya untuk ngantri nge-game -kalo gak salah Digger namanya, dan baru bubar kalo udah diinterupsi yang punya kamar untuk ngetik ato tidur.

Ncit belajar nge-game dgn Mas Fadli

Yang unik lagi pas di Solo, seorang kawan kost perempuan -kebetulan sayah waktu di Solo kost di Kostan Putri- selalu ngajak sayah ke rental komputer untuk ngerjain tugas-tugas kuliah Sipilnya. Dan sayah di rentalin satu komputer hanya untuk nge-game saja sekedar menemaninya saja. Masih di tahun 93an dan masih Under-Dos juga dan game-nya yang paling suka balap F-1 dengan grafik yang begitulah adanya tapi udah warna. Tahun 94 udah muncul windus 3.1.1 udah kenal solitair dan game Hospital dan makin keranjingan game setelah tahun 95 setelah muncul windus 95 dengan slogan WYSWYGnya ituh, grafis yang udah mulai menawan dan banyak pilihan game pula. Tapi dari semua yang paling suka game strategi macem CM, Warcraft, Populous, Sim City pokoknya yang butuh mikir deh....bisa betah begadang pokoknya.

Dan rupanya hobi nge-game ini sayah ini nurun juga ke anak, dulu si sulung Fadli udah mulai nge-game umur 3 tahun meski pegang mousenya masih susah, yang kedua Hani pun umur 3 tahun sudah pinter megang mouse dan nge-game dan sekarang si Kembar yang baru dua tahun udah mulai ikutan nge-game Subway Surf. Ibunya anak-anak laporan sekarang HPnya ibu sama HPnya kakak di sita sama si kemar buat maenan game. Ealah....anak sekarang emang beda, belajar ngomong aja belum jelas tapi udah belajar nge-game. Lengkap sudah setelah Netbook satu2nya untuk skype-an dengan ibu'e juga udah di sita si Kembar buat nonton film anak sekarang HP juga ikut di sita...

37 komentar:

  1. kos bareng perempuan?
    tobaaaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi..hi...2 tahun kang. Ngesuk lah critane kena nggo bahan posting

      Hapus
    2. pantesan ngeresse tesih baen

      Hapus
    3. ya kaya kuwe.
      kaya jaman gemiyen

      Hapus
  2. Jaman sudah beda sekarang ya sob, nge-game bisa dimana saja, ampe anak kecilpun udah mahir, sama kaya anak saya mas, senengnya maen game shaun the sheep hehe...kunjungan perdana nih mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak jaman dulu mainan bareng2 sama temen sekarang pada mainan sendiri2

      Hapus
    2. iya bener sob, dulu sangat terasa sekali kebersamaannya..main petak umpet, gobak sodor, maen karet, kelereng dam masih banyak sob, permainan kampung..hehe..

      Hapus
  3. wuih...keren banget. anak kecil jmn sekarang udah canggih, mainannya udah berbau tekhnologi. itu anak2 mas pacul semua?

    BalasHapus
  4. buah jatuh tak jauh dari puunnya ye mas..

    BalasHapus
  5. Game memaqng maraih kecanduan koh. Kiye ninine baen lagi demen ngegame zuma hahahaha..... Lha kuwe si cilik koh diparabi Ncit sih? Nang apa ya, apa wetenge buncit?

    BalasHapus
  6. aku akhir '83' nembe lahir, om Patjoel wes kenal ding-dong? sepuh tenan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mosok? brarti sepantara dewe kuwi...

      Hapus
  7. jamanku dulu belum ada yang begitu"an...
    hahahaha.....

    BalasHapus
  8. jaman aku kecil mah mainnya di pasir nyari undur-undur..

    BalasHapus
  9. langsung ke yang jualan pacul*ehhh
    wahhh saya juga mau setahun full di depan komputer bakal betah, jangan2 besok anaknya baru lahir langsung minta duduk di depan komputer hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah setahun full?? nggak makan nggak minum mau?

      Hapus
  10. game adalah salah satu hal yg punya manfaat u anak, mulai dari kreatifitas, pemecahan masalah, memicu anak multi strategi, dll deh..

    Asal jangan jadi *makanan pokok* karena selain ada manfaat, ada bahayanya juga..

    Bukan menggurui, hanya mengingatkan :)

    salam persahabatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo anak2 sih udah nurut boleh nge-game dengan syarat tertentu..

      Hapus
  11. sekarang kok enak2 ya ada gadget, apalagi sang buah hati sekecil itu sudah memegang dan insya Allah sudah paham.
    betul2 generasi beruntung.
    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas enak sekali atau malah kemunduran ya

      Hapus
  12. kunjungan perdana..izin nyimak dulu y...sukses selalu untuk blognya dan d tunggu kunjungan baliknya ya.. :D

    BalasHapus
  13. sama dong kesukaan kita jaman kuliahan, saking hobinya, 2002 saat tinggal dijakarta pernah buka rental PS 1, niatnya bukan cari sampingan tapi biar bebas maen bola wining, jelek jelek pernah jadi juara tingkat RW loh.
    kalau anak kembarnya nyandu game, emang bener kata pepatah jawa, buah jatuh ngga jauh dari batangnya.

    BalasHapus

Silahkeun urun komentar

Bebas aja.....asalken satu, jangan pipis di sini.